Senin, 06 September 2010

waspada di Kapal Laut

Berikut beberapa hal yang harus Anda waspadai pada waktu mudik menggunakan kapal laut:

1. Calo Ticket – Biasanya calo ticket memborong semua ticket terlebih dahulu, selanjutnya penumpang yang akan mudik mendapat pemberitahuan melalui loket bawa ticket sudah habis. Penumpang yang kecewa akhirnya akan membeli ticket pada calo, ibaratnya daripada tidak pulang kampung, lebih baik mahal sedikit. Oknum seperti ini sangat sulit diberantas, mengingat kerjanya yang sangat rapi. Ada oknum yang bekerja sama dengan pihak loket ada, petugas loket yang jujur. Ada baiknya jika anda membeli ticket, belilah ticket jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan, hal ini untuk mengantisipasi bahaya penjualan ticket secara ilegal. Selain itu uang yang seharusnya anda pergunakan untuk keperluan lain dapat disimpan.
2. Copet pada saat berdesak-desakan – Tidak dipungkiri, pada saat naik ke dalam kapal. Kita sering kali melihat fenomena seperti ini. Berdesak-desakan, semua orang seperti tidak mau mengalah. Dan ingin cepat sampai di atas. Disaat kejadian genting seperti ini, ada saja pihak-pihak yang tega mengambil barang berharga ketika kita lengah sedikit. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya anda sedikit bersabar untuk mencapai ke dalam kapal. Selain itu cobalah untuk tidak memakai perhiasan yang memancing, juga simpan barang berharga anda ditempat yang paling aman, dan tidak mudah dijangkau orang lain.
3. Jangan tinggal mobil anda tanpa dikunci – Jika anda menyeberang dengan kapal penyebrangan, biasanya mobil akan ditinggal pada geladak kapal. Sebaiknya kunci mobil anda dan periksa akan keamanannya. Pencurian interior mobil sering kali terjadi pada saat seperti ini. Pengemudi dengan santainya meninggalkan mobilnya, dan mengira keadaan aman. Padahal saat-saat seperti inilah para pencopet memainkan aksinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar