Jumat, 10 September 2010

gangguan penglihatan

Ada beberapa gangguan penglihatan, diantaranya adalah miopi, hipermetropi, presbiopi, dan astigmatisme.
a. Miopi atau mata dekat
adalah cacat mata yang disebabkan oleh bola mata terlalu panjang sehingga bayang-bayang dari benda yang jaraknya jauh akan jatuh di depan retina. Pada mata dekat ini orang tidak dapat melihat benda yang jauh, mereka hanya dapat melihat benda yang jaraknya dekat. Untuk cacat seperti ini orang dapat ditolong dengan lensa cekung (negatif). Miopi biasa terjadi pada anak-anak
a.Hipermetropi

Hipermetropi juga disebut rabum dekat atau terang jauh. Penderita hipermetropi tidak dapat melihat benda dekat secara jelas. Titik dekatnya lebih dari 25 cm. Pada penderita hipermetropi, bayangan benda jatuh di belakang retina. Penderita hipermetropi dibantu dengan kacamata berlensa cembung.



Gbr. Kelainan mata : (a) Miopi, (b) Hipermetropi
b. Astigmatisma
merupakan kelainan yang disebabkan bola mata atau permukaan lensa mata mempunyai kelengkungan yang tidak sama, sehingga fokusnya tidak sama, akibatnya bayang-bayang jatuh tidak pada tempat yang sama. Untuk menolong orang yang cacat seperti ini dibuat lensa silindris, yaitu yang mempunyai beberapa fokus.


c. Presbiopi

penderita presbiopi tidak dapat jelas melihat benda yang letaknya jauh dan benda yang letaknya dekat. Baik titik jauh maupun titik dekat penderita presbiopi telah bergeser dari posisi normalnya. Presbiopi biasanya terjadi karena usia tua. Penderita ini dapat dibantu dengan kacamata berlensa rangkap, yaitu berlensa positif dan berlensa negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar